Rabu, 16 November 2011

Awas, Sushi bisa Picu Hipertiroid

Suka menyantap sushi? Hati-hati jangan sampai menyantap kuliner khas Jepang itu secara berlebihan. Sebab, Anda bisa terkena hipertiroid jika berlebihan mengonsumsinya.

Penelitian Dieticians Association of Australia mengungkapkan, tingginya kadar iodium dalam rumput laut yang membungkus sushi bisa membahayakan kelenjar tiroid jika dikonsumsi melebihi batas. Karenanya, lebih baik hindari makan sushi lebih dari 2-3 gulungan dalam seminggu.

Asupan iodium berlebihan bisa memicu terjadinya kelebihan horman tiroid (hipertiroid) pada tubuh seseorang. Dari data Food Standards Australia dan New Zealand diketahui, satu gulung sushi mengandung sekitar 92 mikrogram iodium. Sedangkan menurut para ahli, batas asupan harian iodium adalah 150 mikrogram per hari. 

Kasus hipertiroid lebih banyak ditemukan pada wanita. Gejala yang muncul dalam penyakit itu di antaranya suka gemetar, jantung berdebar-debar, berat badan berkurang, keringat berlebihan, konsentrasi berkurang, sakit kepala seperti ditusuk-tusuk, dan siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Hormon tiroid diproduksi oleh kelenjar tiroid yang terletak di leher bagian depan. Fungsi utama hormon ini adalah menstimulasi metabolisme sel-sel tubuh. Jadi, Anda harus waspada bila mulai mengalami beberapa keluhan di atas. Karena jika tidak segera ditangani, hipertiroid bisa menimbulkan komplikasi, lho. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar